Kamis, 10 Juni 2010

STRATEGI MERANCANG KESUKSESAN BELAJAR

STRATEGI MERANCANG KESUKSESAN BELAJAR

A. Asas Utama
Quantum Teaching bersandar pada konsep ini: Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita, dan Antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka. Inilah Asas Utama yang menjadi alasan dasar di balik segala strategi, model, dan keyakinan Quantum Teaching. Segala hal yang dilakukan dalam kerangka Quantum Teaching, setiap interaksi dengan siswa, setiap rancangan kurikulum, dan setiap metode instruksional dibangun di atas prinsip: Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita, dan Antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka.
Tujuan dari Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita, dan Antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka adalah untuk mengingatkan kita pada pentingnya memasuki dunia siswa sebagai langkah pertama. Untuk mendapatkan hak mengajar, pertarna-tama seorang pendidik harus membangun jembatan autentik memasuki kehidupan siswa. Sertifikat mengajar atau dokumen yang mengizinkan seseorang mengajar atau melatih hanya berarti bahwa dia memiliki wewenang untuk mengajar. Hal ini tidak berarti bahwa dia mempunyai hak mengajar. Mengajar adalah hak yang harus diraih, dan diberikan oleh siswa, bukan oleh Departemen Pendidikan. Belajar dari segala definisinya adalah kegiatan full-contact. Dengan kata lain, belajar melibatkan sernua aspek kepribadian manusia: pikiran, perasaan, dan bahasa tubuh, di samping pengetahuan, sikap, dan keyakinan sebelumnya serta persepsi masa mendatang. Dengan demikian, karena belajar berurusan dengan orang secara keseluruhan, hak untuk memudahkan belajar tersebut harus diberikan oleh pelajar dan diraih oleh guru.
Jadi, masuki dahulu dunia mereka. Mengapa? Karena tindakan ini akan memberi Anda izin untuk memirnpin, menuntun, dan memudahkan perjalanan mereka menuju kesadaran dan ilmu pengetahuan yang lebih luas. Bagaimana caranya? Dengan mengaitkan apa yang Anda ajarkan dengan sebuah peristiwa, pikiran, atau perasaan yang diperoleh dari kehidupan rumah, sosial, atletik, musik, seni, rekreasi, atau akademis mereka. Setelah kaitan itu terbentuk, Anda dapat membawa mereka ke dalam dunia Anda, dan memberi mereka pemahaman Anda mengenai isi dunia itu. Di sinilah kosakata baru, model mental, rumus, dan lain-lain dibeberkan. Seraya menjelajahi kaitan dan interaksi, baik siswa maupun guru mendapatkan pemahaman baru dan "Dunia Kita " diperluas mencakup tidak hanya para siswa, tetapi juga guru. Akhirnya, dengan pengertian yang lebih luas dan penguasaan lebih mendalam ini, siswa dapat membawa apa yang mereka pelajari ke dalam. dunia mereka dan menerapkannya pada situ.asi baru. Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita, Antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka. Begitulah dinamika rnanusia. Dan seperti itulah Asas Utama Quantum Teaching.
B. Prinsip-Prinsip
Quantum Teaching juga memiliki lima pnnsip atau kebenaran tetap. Serupa dengan Asas Utama, prinsip-prinsip ini mempengaruhi seluruh aspek Quantum Teaching. Anggaplah prinsip-prinsip ini sebagai struktur chord dasar dari simfoni belajar Anda. Prinsip-prinsip tersebut adalah:
 Segalanya Berbicara
Segalanya dari lingkungan kelas hingga bahasa tubuh Anda, dari kertas yang Anda bagikan hingga rancangan pelajaran Anda; sernuanya mengirim pesan tentang belajar.
 Segalanya Bertujuan
Semua yang terjadi dalam penggubahan Anda mempunyai tujuan.
 Pengalaman sebelum Pemberian Nama
Otak kita berkembang pesat dengan adanya rangsangan kompleks, yang akan menggerakkan rasa ingin tahu. Oleh karena itu, proses belajar paling baik terjadi ketika siswa telah menerima informasi sebelurn mereka memperoleh nama untuk apa yang mereka pelajari.
 Akui Setiap Usaha
Belajarmengandung risiko. Belajarberarti melangkahkeluar dari kenyamanan. Pada saat siswa mengambil langkah ini, mereka patut mendapat pengakuan atas kecakapan dan kepercayaan diri mereka.
 Jika Layak Dipelajari, Maka Layak Pula Dirayakan!
Perayaan adalah sarapan pelajarjuara. Perayaan memberikan umpan balik mengenai kemajuan dan meningkatkan asosiasi emosi positif dengan belajar.
C. Model Quantum Teaching
Model Quantum Teaching hampir sama dengan sebuah simfoni. Jika Anda menonton sebuah simfoni, ada banyak unsur yang menjadi faktor pengalaman musik Anda. Kita dapat membagi unsur-unsur tersebut menjadi dua kategori: konteks dan isi (context and content).
Konteks adalah latar untuk pengalarnan Anda. Konteks merupakan keakbaran ruang orkestra itu sendiri (lingkungan), semangat konduktor dan para pemain musiknya (suasana), keseirnbangan instrumen dan musisi dalam bekerja sama (landasan), dan interpretasi sang maestro terhadap lembaran musik (rancangan). Unsur-unsur ini berpadu dan kemudian menciptakan pengalaman bermusik yang menyeluruh.
Bagian lain, isi, berbeda namun sama pentingnya dengan konteks. Anggaplah lembaran musik itu sendiri sebagai isi, not-not nyata pada sebuah halaman, yang lebih dari sekadar not-not pada sebuah halaman. Salah satu unsur isi adalah bagaimana tiap frase musik dimainkan (penyajian). Isi juga meliputi fasilitasi ahli sang maestro terhadap orkestra, memanfaatkan bakat setiap pernain musik dan potensi setiap instrumen.
Keajaiban pengalaman menjadi terbuka karena konteksnya tepat, dan membuat musik menjadi hidup. Saat Anda menggubah kesuksesan siswa, unsur-unsur yang sama tersusun dengan baik: suasana, lingkungan, landasan, rancangan, penyajian, dan fasilitasi.
D. Format Quantum Teaching
Quantum Teaching dibagi menjadi dua seksi utama: konteks dan isi. Seperti juga pengalaman simfoni, Anda, sebagai konduktor dari siswa-siswa Anda yang sedang belajar, harus menggubah banyak bagian. Kami akan menyusun bagian-bagian tersebut ke dalam bab-bab berikut.
Dalam seksi konteks, Anda akan menemukan semua bagian yang Anda butuhkan untuk nienggubah:
 Suasana yang Memberdayakan
 Landasan yang Kukuh
 Lingkungan yang Mendukung
 Rancangan Belajar yang Dinarnis
Dalam seksi isi, Anda akan menemukan keterampilan penyampaian untuk kurikulum apa pun, di samping strategi yang dibutuhkan siswa untuk bertanggung jawab atas apa yang mereka pelajari:
 Penyajian yang prima
 Fasilitasi yang luwes
 Keterampilan “belajar-untuk-belajar”
 Keterampilan hidup
Dirancang dan ditulis sebagai buku ajar interaktif Quantum Teaching dimaksudkan untuk menjadi sahabat yang siap membantu. Setiap bab ditulis menggunakan Prinsip-Prinsip Kornunikasi Ampuh, diperkuat dengan pendekatan multisensori, multikecerdasan, dan berdasarkan Kerangka Rancangan Belajar Quantum Teaching yang dikenal sebagai TANDUR. Di bawah ini adalah tinjauan sekilas mengenai TANDUR dan maknanya.
 TUMBUHKAN
Turnbuhkan minat dengan mernuaskan "Apakah Manfaatnya BAgiKU (AMBAK), dan manfaatkan kehidupan pelajar.
 ALAMI
Ciptakan atau datangkan pengalaman urnum yang dapat dimengerti sernua pelajar.
 NAMAI
Sediakan kata kunci, konsep, model, rumus, strategi; sebuah "masukan".
 DEMONSTRASIKAN
Sediakan kesempatan bagi pelajar untuk "menunjukkan bahwa mereka tahu."
 ULANGI
Tunjukkan pelajar cara-cara mengulang materi dan menegaskan, "Aku tahu bahwa aku memang tahu ini."
 RAYAKAN
Pengakuan untuk penyelesaian, partisipasi, dan pemerolehan keterampilan dan ilmu pengetahuan.
Untuk mendapatkan hasil terbaik dari buku ini, pahamilah teksnya. Izinkan diri Anda berpartisipasi. Anda dapat membuat catatan pada halaman buku ini atau pada buku tulis tentang apa yang akan Anda gunakan dan bagaimana tepatnya Anda akan menggunakannya. Jadilah pelajar yang baik, dan perhatikan betapa cepat strategi dan teknik dari buku ini masuk ke dalam sajian pengajaran Anda.
Karni yakin sepenuhnya bahwa Anda, sang guru, sangat menentukan kesuksesan siswa. Dr. Georgi Lozanov, seorang peneliti dari Bulgaria yang juga penemu ilmu suggestology, metode yang dikenal secara kolektif sebagai pembelajaran dipercepat, menunjukkan bahwa pengaruh Anda sangatlah jelas terhadap kesuksesan murid (Lozanov, 1978). Dr. Michael Gazzaniga setuju, "Dorongan biologis alamiah itu sederhana. Kemampuan atau keterampilan baru akan berkembang jika diberikan lingkungan model yang sesuai." (Gazzaniga, 1992). Anda adalah faktor penting dalam lingkungan belajar dan kehidupan siswa. Jadi, peran Anda lebih dari sekadar pemberi ilmu pengetahuan. Anda adalah rekan belajar, model, pembimbing, fasilitator, dan bahkan penggubah kesuksesan siswa!
Sebagai penutup bagi Anda dalam memulai petualangan simfoni Anda, kami ingin mengungkapkan satu hal, bahwa kami amat percaya kepada Anda. Sebagai sesama pendidik, kami tahu tingkat komitmen dan dedikasi yang diperlukan untuk mengajar siswa masa kini. Kami menghargai usaha Anda dan percaya sekali bahwa buku ini hanya akan meningkatkan keakbaran yang sudah Anda miliki. Sekali lagi, selamat datang di dunia Quantum Teaching!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar